Hill and Village Trip in East Lombok

Hill and Village Trip in East Lombok

 

Terdapat sebuah desa dan rumah pertama di lereng Gunung Rinjani yaitu di Dusun Beleq, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa beleq merupakan peninggalan para leluhur desa Sembalun yang masih tetap dirawat dan dijaga untuk mengenang sejarah desa yang pada beberapa abad silam pernah dihancurkan oleh letusan dahsyat Gunung Rinjani.

Di dusun tersebut hanya ada 7 rumah asli yang berumur ratusan tahun. Bentuk fisik dari rumah adat ini memang berbeda dengan rumah adat Suku Sasak yang membentuk seperti setengah lingkaran. Dalam pembuatan lantainya pun unik, yaitu dengan menggunakan adukan kotoran sapi.

Ruangan di dalam rumah ini dibagi menjadi dua. Satu ruang besar untuk menjamu tamu dan tidur. Yang kedua, ruang Bale Dalem untuk menyimpan barang-barang seperti hasil panen dan barang berharga. Butuh perjalanan selama kurang lebih 2-3 jam dari kota Mataram untuk mencapai desa berjarak 91 kilometer dari pusat Kota Lombok. Dusun ini terletak di lembah Gunung Rinjani.

Adapun kegiatan menenun kain tradisional yang dilakukan ibu-ibu ditempat tersebut menjadi tujuan kedatangan para wisatawan, baik wisatawan domestic maupun mancanegara., Uniknya lagi, proses pembuatan kain tenun dilakukan secara manual, mulai dari memintal kapas menjadi benang, mewarnai benang dengan bahan alam, untuk kemudian di tenun dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan kualitas kain tenun yang bermutu tinggi.

Untuk bias mendapatkan kain tenun Sembalun, para wisatawan bisa mendapatkannya hanya dengan harga mulai dari 150 ribu hingga 500 ribu, tergantung pada ukuran, motif dan bahan yang digunakan.

Selain pemandangan dari kesederhaan warga desa dan  dengan topografi desa berbukit-bukit sekitar Desa Beleq. Para pengunjung juga bisa melakukan olahraga soft tracking. Wisatawan akan diajak melintasi rumpunrumpun bambu yang tertata indahnya di sekitar desa, untuk kemudian mendaki Gunung Selong dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di belakang desa.

Dari puncak Gunung Selong, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan deretan rumah adat Desa Beleq, dan juga hamparan sawah hijau luas. Ketika cuaca sedang cerah, wisatawan juga bisa melihat panorama puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter yang kokoh dan megah.

Sumber : http://makarmaresort.com/hill-and-village-trip-in-east-lombok-detail-407940