Loang Baloq Wisata Pantai Di Area Kota Mataram

Loang Baloq Wisata Pantai Di Area Kota Mataram

Daya Tarik Pantai loang baloq terletak di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Nama loang baloq ini sendiri berasal dari makam atau petilasan di pulau Lombok yang terdapat di sebelah timur pantai yang merupakan penyebar agama islam di pulau Lombok yang datang dari timur tengah yakni Syeikh Gauz Abdurrazak. Arti dari loang baloq ini sendiri memiliki multi tafsir atau arti di kalangan masyarakat luas.

 

Bagi pemahaman masyarakat yang secara umum, Loang dalam bahasa sasak yang berarti lubang, sedangkan Baloq dalam bahasa sasak yang berarti buaya. Jadi Loang Baloq dalam bahasa Indonesia artinya lubang buaya. Namun menurut Bapak Janali selaku juru kunci Makam Loang Baloq mengatakan bahwa Loang dalam bahasa sasak artinya lubang, sedangkan Baloq artinya Buyut, dengan demikian beliau mengatakan diksi yang benar adalah bebaloq yang artinya buaya, dan penyebutan yang benar adalah Loang Bebaloq dan tafsir loang baloq itu sendiri lebih condong kepada lubang buaya karena di areal makam tersebut terdapat banyak buaya pada zaman dahulu dan ditumbuhi sebuah pohon beringin yang memiliki lubang tempat berdiam dirinya buaya yang konon berumur ratusan tahun.

 

Selain wisata alam, Loang Baloq dijadikan wisata sejarah dan wisata religi dimana ada tiga makam yang dikeramatkan yaitu diantaranya makam Maulana Syeikh Gauz Abdurrazak, Makam Datuk laut, dan makam Anak Yatim. Yang hingga sampai saat ini para peziarah yang datang untuk berziarah dan berdoa.


img-1664875021.jpg



Loang Baloq telah memenuhi komponen 4 yang harus dimiliki oleh suatu daya tarik wisata yaitu seperti:

  1. Attraction/Atraksi, diancang berdasarkan ciri khas dan keaslian dari daya tarik wisata Loang Baloq, adapun atraksi wisata yang terbagi menjadi tiga area yaitu:

·         Pertama, Area Darat Pantai dimana Area Darat Loang Baloq dapat dijadikan beragam aktivitas wisata yaitu seperti Sightseeing, bola pantai, outbound, camping, serta wisata kuliner dengan menyajikan makanan yang bernuansa lokal khas suku sasak.

·         Kedua, yaitu Area Laut di daya tarik wisata Loang Baloq yang dapat dijadikan beragam aktivitas wisata seperti berenang, water sport, banana boat, kano, dan memancing.

·         Ketiga, Area Muara di daya tarik wisata loang baloq dengan tersedianya fasilitas seperti perahu bebek untuk mengelilingi muara dan menikmati keindahan alam sekitar.

 

  1. Accesibility, daya tarik wisata loang baloq berlokasi di pusat bisnis dan pemerintahan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat yakni Kota Mataram. Hal tersebut menjadikan lokasi pantai loang baloq sangat strategis dan mudah dijangkau. Karena untuk memperoleh kendaraan umum juga sangat mudah karena sudah tersedia angkutan umum seperti taksi, dan ojek bahkan bisa menggunakan transportasi online.

 

  1. Amenities, sebagai daya tarik wisata yang berlokasi di pusat Kota Mataram, terdapat fasilitas pendukung yang seperti Toilet, berugak/bale bengong dan restoran di sekitar area daya tarik wisata loang baloq.

 

  1. Ancillary, peran masyarakat setempat yang diharuskan memiliki skill dan pengetahuan dalam bidang pariwisata untuk mengawal serta menciptakan ide kreatif  dalam keberlangsungan kegiatan pariwisata di Loang Baloq serta dapat memberikan excellent service kepada wisatawan yang berkunjung di Loang Baloq.

 

img-1664875038.jpg

Sumber : http://makarmaresort.com/loang-baloq-wisata-pantai-di-area-kota-mataram-detail-444551