Menelisik Pulau Kecil Gili Kondo

Menelisik Pulau Kecil Gili Kondo

Salah satu daya tarik dari Lombok adalah Gili-nya atau pulau-pulau kecil yang berada sekitar pulau besar Lombok. Setiap pulau memiliki ke unikan tersendiri, salah satunya adalah Gili Kondo yang terkenal sebagai pulau kecil penuh pesona. Julukan dari Gili yang satu ini adalah “Surga Tersembunyi di Lombok Timur”. Bisa dikatakan lokasinya memang sedikit terpencil, pulaunya pun cukup kecil, tetapi dengan keindahan yang luar biasa. Ekstosi alam bisa sangat terasa jika berkunjung ke tempat ini. Meski tidak bisa dibandingkan dengan Trawangan atau Gili Air dalam hal keramaian dan fasilitas, tetapi berbicara tentang pemandangan alam, keduanya hampir susah dibedakan.

 

Di sana terdapat Gili lain yang dekat dengan GiliKondo, seperti Gili Lampu, Gili Kapal, dan Gili Bidara. Karena itulah Anda bisa melakukan Gili Hopping atau mengekspor pulau-pulau kecil yang lain. GiliKondo sendiri terkenal dengan keindahan alamnya. Pulaunya kecil, tapi jika melihat ke bawah laut, jangan kaget dengan luasnya panorama alam satwa laut. Pemandangan bawah lautnya memang indah, karena itulah banyak turis yang melakukan snorkeling atau diving di area ini. 

 

Daya Tarik Gili Kondo

1. Memiliki Habitat Bawah Laut yang Beragam

Daya tarik utama dari Gili Kondo ini adalah pemandangan bawah lautnya. Karena itulah ketika berkunjung ke sini, rasanya wajib untuk mencoba diving atau snorkeling. Pulau ini bisa dikatakan tidak berpenghuni dan hanya dikunjungi oleh wisatawan saja. Karena itulah habitat para hewan-hewan yang tinggal di sana masih sangat terjaga. Hewan khas kepulauan Indonesia bagian timur bisa ditemukan di sini. Gili Kondo memiliki mitos tersendiri di mana burung Kondo banyak hidup di sana dahulu kala. Tidak hanya itu, kehidupan ikan-ikan batu karang juga banyak menarik perhatian.

 

2. Memiliki Pasir Putih yang Halus dan Air Laut Bening

Bukan sekedar pulau kecil saja, tetapi juga merupakan area pantai kecil dengan pasirnya yang putih. Berbeda dengan pantai lain di Lombok yang rata-rata pasirnya bertekstur merica, di sini pasirnya lebih halus dan rapat. Saking halusnya, pasir yang basah bisa berkilau jika terkena sinar matahari. Namun ada juga sisi pantai yang memiliki pasir seperti merica. Sinar matahari di pantai GiliKondo juga cukup terik, cocok untuk Anda yang ingin berjemur ala orang Eropa. Di sekelilingnya terdapat air laut yang cukup luas. Daratan sebelah nampak sangat jauh. Airnya berwarna biru dengan banyak perahu yang berlayar di sana mengingat kawasan sekitar memiliki banyak wisata Pulau Gili yang lain.

 

3. Camping dan Snorkeling

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini adalah camping dan juga snorkeling atau diving. Di sana terdapat penginapan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut di sana, cobalah untuk menyewa alat-alat snorkeling yang telah disediakan oleh pengelola wisata. 

 

Fasilitas Gili Kondo

Fasilitasnya cukup baik untuk pulau yang tidak dihuni dan ukurannya yang kecil. Di sana tersedia beberapa penginapan yang bisa Anda tempati dengan fitur-fitur beragam. Di sana juga terdapat villa dan cottage yang menyediakan WC, kamar mandi, kamar tidur, dan lain sebagainya. Namun karena sangat terbatas, Anda harus memesannya terlebih dahulu sebelum datang ke pulau ini. Di sana juga tersedia warung makan sederhana dan pondok sederhana tempat wisatawan beristirahat sambil minum-minum. Ketika sampai ke pulau ini menggunakan perahu sewaan, tulisan selamat datang dengan papan putih akan menyambut Anda.

 

img-1664873936.jpg


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gili Kondo

Ini dia hal yang biasanya membuat niat pengunjung memudar karena takut harga tiket masuk terlalu tinggi. Tapi tenang saja, Anda sama sekali tidak dimintai uang ketika masuk ke kawasan GiliKondo ini. Tapi tentu saja Anda harus membayar sewa kapal untuk ke sini, menyewa peralatan snorkeling, atau memesan sebuah villa. Untuk jam bukanya sendiri pun tidak perlu dikhawatirkan, Anda bisa pergi ke pulau ini kapan pun Anda mau karena terbuka untuk 24 jam. Karena itulah banyak wisatawan yang memilih untuk menetap karena ingin merasakan pesona malam hari di Gili Kondo.

Lokasi dan Rute Gili Kondo

Untuk Anda yang ingin pergi ke Gili Kondo, bisa menargetkan Jalan Raya Sambelia, Kel. Labuhan Pandan, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, NTB. Perjalanan dari Mataram bisa menempuh jarak yang panjang dan lama karena letaknya berada di sisi yang lain. Tetapi kondisi jalannya sudah cukup baik. Dari Mataram Anda bisa mengambil rute Jalan Raya Mataram ke Labuhan Lombok Pandan. Dari Labuhan Pandan, telusuri Jalan Raya Sebelia sampai menemukan Pelabuhan Pantai Padak Guar. Dari sini Anda bisa ke pulau, namun hati-hati agar tidak melewatkan Pelabuhan Pantai Padak Guar yang berada 5 km dari pelabuhan Pandan dan berada di sebelah kanan jalan.

 

Keindahan bawah laut Gili Kondo sangat wajib dirasakan. Tempat ini juga menjadi lokasi yang pas untuk berburu foto karena pemandangan yang menakjubkan. Selain Gili Kedis, Gili Kondo juga menjadi pulau kecil yang bisa memberikan sensasi memiliki pulau pribadi.

Sumber : http://makarmaresort.com/menelisik-pulau-kecil-gili-kondo-detail-444545