Pantai Sengigi

Pantai Sengigi

Berwisata ke Pulau Lombok suatu hal yang tak terdengar asing jika Anda di tawarkan untuk menginap di kawasan Pantai Senggigi Lombok karena tempat ini merupakan pusat pariwisata di Lombok dan dan juga keindahan alamnya yang di kelilingi perbukitan dengan pantai-pantai teluk, menjadikannya destinasi yang paling rame di kunjungi.

Karena keindahan pantai dan lokasi yang strategis pembangunan di kawasan Pantai Senggigi terus berkembang di sesuaikan dengan kebutuhan para traveler, selain hotel, restaurant dan tempat berbelanja, fasilitas lain terus dikembangkan, salah satunya seperti pelabuhan untuk mempermudah akses ke tempat wisata lainnya.

Lokasi Pantai Senggigi Lombok

 

Pantai Senggigi terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok tepatnya berada di Jl. Raya Senggigi Km 6 – 10 Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Bandara Lombok ke Senggigi atau sekitar 20 menit dari pusat Kota Mataram.

Berada di antara Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara, sangat mempermudah Anda jika berkunjung untuk berbisnis atau berlibur karena dastinasi lain yang terkenal seperti 3 Gili, Gunung Rinjani, Bukit Malimbu atau air terjun Sendang Gile dan beberapa lokasi lainnya berada di di kabupaten Lombok Utara dapat mudah di tempuh melalui jalur Senggigi.

Bahkan jika Anda ingin ke Gili Trawangan dari Senggigi, Anda bisa melalui:

  1. Menggunakan carter slow boat dari Pelabuhan Senggigi
  2. Menggunakan jasa sewa mobil atau taxi ke Pelabuhan Teluk Nare, dari tempat ini Anda Akan menggunakan speedboat hanya 10 menit untuk bisa sampai Trawangan. Speedboat yang Anda gunakan berkapasitas makimal 10 orang dan bersifat pribadi, hanya Anda dan rombongan.
  3. Sama dengan cara ke 2, Anda bisa meminta di antar ke Pelabuhan Bangsal dan membeli tiket public boat seharga 25,000 dan membutuhkan waktu 30 menit untuk bisa samapai Gili Trawangan. Cara ini merupakan cara termurah jika Anda mau menunggu penumpang lainnya hingga penuh dan bercampur dengan barang-barang.

lokasi pantai senggigi

Keindahan Alam

 

Keindahan alam Pantai Senggigi Lombok cukup menajubkan, kawasan ini terdiri dari beberapa pantai berteluk yang panjang di mulai dari selatan yaitu Pantai Batulayar, Batu Bolong, Senggigi, Kerandangan dan Mangsit. Di setiap tempat tersebut memiliki keindahan tersendiri yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Senggigi.

Pantai Batulayar merupakan tempat wisata religi bagi umat muslim dan juga tempat diadakannya acara tahunan Suku Sasak yaitu Lebaran Topat yang biasanya di adakan 1 minggu setelah idul fitri, di pinggir jalan yang bertebing di pesisir pantai terdapat gardu pandang untuk menikmati pemandangan.

Sedangkan di Pantai Batu Bolong terdapat pura tua umat hindu yang di dirikan di atas batu hitam yang menjulur ke laut, batu ini memiliki lubang yang di gunakan sebagai akses jalan. Pura Batu Bolong merupakan destinasi yang rame dikunjungi.

Aktifitas di Pantai Senggigi Lombok adalah:

Di pagi hari Anda akan di manjakan dengan keindahan mentari pagi yang muncul dari balik perbukitan dan pesisir pantai juga tak kalah indahnya, Anda dapat menikmati udara segar, hamparan laut yang tenang, serta melihat aktifitas nelayan yang mencari ikan.

Berenang  dan snorkeling karena pantainya berbentuk teluk, arus air cukup tenang dan di pinggir pantai Anda bisa menyewa peralatan snorkeling seperti jaket pelampung, kaca mata snorkeling dan juga pin. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan snorkeling dalam liburan Anda.

Bermain kano, kayaking dan surfing seperti peralatan snorkeling peralatannya dapat Anda sewa dan temukan di pinggir pantai. Terdapat poin-poin tuk bermain olah raga ini, Anda bisa melihat banyak anak muda serta bule bermain dengan gelombang ombak, ombak di kawasan ini tidak terlalu besar jadi sangat cocok bagi para pemula dan Anda bisa ikut kursus surfing kilat, bayarnya 200 samapi 300 ribu.

Memancing, banyak spot untuk melakukan aktifitas ini dan Anda dapat memilih di pinggiran pantai atau di tengah laut. Sama seperti perlatan aktifitas lainnya, semua peralatan pancing bisa Anda sewa tapi jika Anda memilih memancing di tengah laut sewa peralatan juga termasuk dengan harga sewa boat. Jika Anda ingin dengan cara yang lebih exclusive Anda bisa menyewa yacht untuk menyesuri spot memancing favorit.

Di sore hari aktifitas di pantai mulai padat dan waktu yang indah untuk menikmati sunset dengan background Gunung Agung Bali. Pemandangan ini hanya dapat Anda temukan di Pantai Senggigi Lombok.

Hotel Dan Private villa

 

Terdapat banyak hotel berdiri di kawasan pantai Senggigi Lombok. Beragam pilihan hotel tersedia dari sekelas hotel melati, boutique hotel, private villa, cottage hotel bintang 2 sampai sekelas bintang 5. Pilihan tipe kamarpun yang di tawarkan beragam dengan harga yang pariatif. Penginapan ini tersebar di kawasan Pantai Sengggi Lombok dan juga daerah perbukitan.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat di daftar dan harga kamar hotel di Lombok.

Restaurant Dan Wisata Kuliner

Restaurant di pinggir Pantai Senggigi  memiliki kelas dan konsep yang beragam dari tongkrongan anak muda sampai yang super mewah. Jika Anda ingin mencoba makanan khas Lombok, Anda bisa menemukannya dari sekelas pedagang kaki lima dan juga restaurant. Anda bisa mencoba restaurant pinggir pantai sembari menikmati makanan anda juga bisa menikmati keindahan alam.

la chiil pantai senggigi

Sajian kuliner khas Lombok seperti Ayam Taliwang, Plecing Kangkung, Bebalung, Sate Bulayak, dan juga makanan Indonesia lainnya serta western food dapat Anda nikmati di kawasan Pantai Senggigi Lombok tanpa harus berkunjung ke tempat asal makanan khas tersebut.

Lombok juga dikenal di mata dunia sebagai destinasi terbaik untuk wisata makanan halal dan mendapatkan pengakuan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination dalam acara, The World Halal Travel Summit & Exhibition 2015 yang diadakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada bulan Oktober dan rata-rata restaurant di Senggigi mendapatkan sertifikat halal, jadi Anda tidak perlu hawatir.

sumber : https://www.dilombok.com/pantai-senggigi-lombok/48/

Sumber : http://makarmaresort.com/pantai-sengigi-detail-406448