Sukarare Village (Desa Tenun), Middle Lombok.

Sukarare Village (Desa Tenun), Middle Lombok.

Berwisata di Nusa Tenggara Barat kita tidak hanya disajikan oleh keindahan pemandangan alamnya saja, akan tetapi kita juga bisa melihat hasil kebudayaan leluhur seperti kerajinan kain tenun songket yang berada di Desa Sukarare, Lombok Tengah berdekatan dengan Pantai Kuta, Tanjung Aan, Desa Sade dan Banyumulek. Lokasi Desa Sukarare berkisar 25 Km dari Kota Mataram atau sekitar 30 menit perjalanan dan sekitar 5 Km dari Kota Praya atau 5 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi. Desa tersebut masuk dalam kecamatan Jonggat. Desa yang memiliki identitas kerajinan tenun ini secara turun-menurun di lestarikan oleh warganya, terutama para kaum wanita. Hal unik lain yang dimiliki desa ini adalah tradisi yang dimiliki secara turun temurun. Di desa ini, hampir semua perempuan bisa menenun dan tidak mau bekerja di luar daerahnya.

Hal ini dikarenakan sebuah tradisi yang mengharuskan kaum wanita Desa Sukarare bisa serta ahli dalam menenun, jika mereka belum menguasai cara menenun maka mereka belum diperbolehkan untuk menikah. Jadi mereka akan boleh menikah jika mereka sudah mahir dan pandai menenun. Selain itu, wanita yang menikah di desa ini diwajibkan untuk menggunakan songket karena songket dianggap sebagai lambang kelanggengan suatu hubungan.

Bahan baku yang mereka gunakan adalah benang katun, sutera, sutera emas, dan benang sutera perak. Sedangkan untuk bahan pewarnanya menggunakan bahan pewarna alami seperti warna coklat kemerahan dari pohon mahoni, warna coklat muda dari batang jati, warna coklat tanah dari biji asam, warna coklat tua dari batang pisang busuk, dan warna ungu dari kulit manggis dan anggur. Selain dari bahan dan pewarnanya ada hal lain yang membuat kain tenun atau songket dari Desa Sukarare menjadi terkenal ini yaitu khas kain songket yang berpola cerah sehingga menjadi factor yang membuat harganya mahal. Walaupun begitu, hasil tenun Desa Sukarare ini sudah banyak dikenal dan sangat disukai oleh wisatawan mancanegara. 

Sumber : http://makarmaresort.com/sukarare-village-desa-tenun-middle-lombok-detail-407941