Keeksotisan Gili Meno
Kamis, 19 Maret 2020
Makarma Lombok
Bagikan

Keeksotisan Gili Meno

Keindahan Pulau Lombok sangatlah tidak diragukan lagi, pulai yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki banyak tiga pulau kecil yang jaraknya berdekatan satu sama lain, yakni Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

Salah satunya adalah Perairan Gili Meno yang memiliki keunikan, karena adanya titik Gili Meno Wall, di mana penyu-penyu biasa berenang di pagi hingga sore hari. Wisatawan pecinta olahraga air pasti akan suka jika berada di sini.

 

img-1584699167.jpg



LOKASI GILI MENO

Ketika berada di Gili Meno pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor untuk berkeliling. Karenanya, penduduk lokal dan wisatawan hanya bisa menikmati pulau ini menggunakan sepeda, cidomo (semacam delman) atau berjalan kaki. Untuk mencapai Gili Meno, wisatawan bisa menumpang kapal dari bangsal atau dari Gili Trawangan.

Pengunjung dari Lombok bisa berangkat dengan kapal umum dari Pelabuhan Bangsal. Dengan harga tiket Rp25 ribu, perjalanan kapal ditempuh sekitar 25 menit. Sementara dari Gili Trawangan bisa menumpang kapal umum atau kapal cepat. Dengan harga tiket Rp23 ribu, kapal umum berangkat dua kali setiap harinya, yakni pukul 09.30 dan 16.00. Sedangkan kapal cepat berangkat satu jam sekali setiap harinya, dengan harga tiket lebih mahal, Rp85 ribu.

 

img-1584699209.jpg



AKTIVITAS YANG BISA DILAKUKAN

Aktivitas yang bias dilakukan adalah mengejar penyu di gili meno wall, bersepeda keliling pulau, Mengambil gambar di Danau Meno yang dikelilingin hutan bakau (Mangrove) dengan luas sekitar enam hectare dan beraneka burung kerap singgah di Kawasan Ekowisata ini.

Tak jarang pula warga lokal memancing di pinggir danau ini. Kawasan itu terbuka, sehingga pengunjung bisa singgah kapan pun untuk sekadar melihat-lihat. Namun, wisawatan yang ingin mendukung pengembangan penangkaran ini bisa ikut kegiatan pelepasan penyu ke perairan, dengan berdonasi Rp100 ribu per ekor penyu. Pasalnya, di Gili Meno tidak ada ‘kehidupan malam.’ Sebagian besar aktivitas di pulau itu usai di atas pukul 20.00 waktu setempat.

 

img-1584699102.jpg



SUASANA ROMANTIS DAN SANTAI

Meno merupakan tempat honeymoon di Lombok yang paling favorit. Jika berlibur ke tempat ini Anda dapat menemukan suasana yang lebih tenang yang pasti membuat suasana liburan Anda lebih nyaman.

Karena tidak ada club malam, diskotik atau kebingaran party di malam hari seperti Trawangan dan jumlah wisatawan yang berkunjung 43% lebih sedikit di bandingkan gili lain yang selalu padat oleh wisatwan asing.

Hal ini yang membuat Meno lebih tenang dan lebih asik sebagai tujuan bersuasana romantis dan santai.

 

 

PANTAI PASIR PUTIH TERBAIK

Pulau ini di kelilingi oleh pantai berpasir putih yang paling bagus di antara gili yang lain dengan ombak yang sangat tenang dan air laut yang bersih. Sehingga meno di jadikan spot snorkeling no 1 di Lombok utara.

Bahkan mereka yang liburan ke Trawangan selalu menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan air snorkeling atau diving ke Meno. Namun Anda mesti berhati terdapat banyak karang mati terbawa arus di sekitar bibir pantai. Jadi jangan pernah lupa mengenakan sandal jepit jika Anda berkeliling menikmati ke indahan pantainya.

 

BIOTA LAUT YANG LEBIH KAYA

Karang biru yang di anggap hanya terdapat di 2 tempat di dunia di laut Caribbean dan Lombok dapat Anda jumpai dengan mudah hanya beberapa meter dari pinggir pantainya.

Meno memiliki beragam biota laut yang masih alami baik dari jenis karang dan ikan. Daya tarik utamanya adalah berenang bersama penyu. Bila Anda melakukan aktivitas di lautnya baik dengan cara snorkeling, berenang, paddling, transparan kayaking atau berkeliling pulau dengan glass bottom boat.

Anda bisa melihat semua keindahan laut itu seperti Titanic Lombok kapal yang di tenggelamkan atau Patung Selingkuh sebuah karya seni seniman Francis.

 

img-1584699251.jpg



DANAU YANG CANTIK

Pulau ini berada di tengah-tengah dari deretan 3 gili dan merupakan yang paling kecil, namun satu-satunya pulau kecil yang memiliki danau.

Anda dapat menikamti suasana natural danau ini dengan menaiki jembatan kayu yang di buat melingkar, di tempat ini Anda dapat jepret-jepret, melihat langsung burung-burung besar yang tinggal di hutan bakau dan juga melihat proses pembuatan garam dengan cara yang masih sangat tradisional.

Gili Meno Lombok adalah yang terbaik dari segi alam dan atmospir alam yang mengagumkan walapun berada di tengah-tengah pulau. Selain itu Anda bisa melihat rimbun pohon dengan kicauan burung yang ramai, satwa lain yang masih hidup bebas, masyarakat yang ramah dan bersahaja.

 

HOTEL YANG LEBIH MURAH DAN BERAGAM

Bila Anda ingin liburan dan menginap di pulau ini, Anda dapat dengan mudah menemukan kelas hotel yang beragam, restaurant dan juga bar.Di bandingkan dengan Trawangan, hotel di Gili Meno lebih murah walapun sekelas bintang 3. Ini Adalah hotel-hotel yang memiliki rating terbaik di Meno:

Bask

img-1584698385.jpg

Karma Reef

img-1584698744.jpgLess Villas Ottalia

img-1584699009.jpg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar