Pantai Kuta Mandalika
Selasa, 07 April 2020
Makarma Lombok
Bagikan

Pantai Kuta Mandalika

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di di Kabupaten Lombok TengahNusa Tenggara Barat. Sejak tahun 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representatif di Lombok karena dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. Mandalika, saat ini, sudah memiliki 7 spot wisata alam yang memesona wisatawan.

 

Yang lebih dulu terkenal dari kawasan Mandalika adalah Pantai Kuta, Lombok di ujung Barat Mandalika. Namanya sering dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali. Pantai Kuta Lombok lebih indah daripada yang di Bali, lebih bersih dan lebih sepi. Kawasan Pantai Kuta kini menjadi yang paling berpotensi untuk berkembang dibanding spot lain di Mandalika. Fasilitasnya lumayan lengkap, apalagi tidak jauh dengan Masjid Agung Nurul Bilad yang baru diresmikan Presiden Jokowi. Tempat inilah yang juga akan dibangun sirkuit jalanan Mandalika untuk MotoGP 2021.

 

Pantai ini merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi jika anda liburan ke Lombok. Pesona yang ditawarkan pun akan menarik hati, mulai dari kejernihan air laut, pasir menyerupai merica, hingga batu karang kokoh nan cantik.

Objek wisata ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

 

img-1586332604.jpg



Anda tidak memerlukan perjalanan yang panjang untuk dapat menikmati keindahan destinasi wisata ini. Kira-kira sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok, anda sudah tiba di lokasi.

Tapi ingat, untuk akses transportasi umum dari Bandara Internasional Lombok ke pantai Kuta Lombok Mandalika cenderung jarang. Sehingga lebih baik jika anda melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa.

 

Pantai Kuta merupakan objek wisata yang cocok untuk seluruh keluarga. Keadaan alam yang nyaman menjadikan lokasi ini aman untuk mengajak anak-anak bermain di daerah pantai.

Tak hanya itu, Pantai Kuta juga menawarkan beragam pesona, seperti pantai yang membentang luas, ditemani deburan ombak tenang dan angin yang berhembus sepoi-sepoi. Sehingga nuansa liburan bersama dengan keluarga menjadi sangat terasa di sana.

 

KEK Mandalika dilengkapi fasilitas bermain ramah anak. Pantai Kuta Lombok juga menyajikan pesona hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah barat, terdapat Bukit Mandalika dengan keindahan yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Pemandangan yang disajikan dari ketinggian memiliki nuansa tersendiri, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta.

 

Sementara itu. nama Mandalika diambil dari cerita legenda yang berasal di kalangan masyarakat setempat, yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Konon menurut kisah yang ada, Putri Mandalika yang cantik jadi incaran banyak pemuda, bahkan pangeran.

Namun, Putri Mandalika tak mau menerima satupun pinangan para pemuda tersebut. Ia memilih melompat ke laut dari bukit tersebut.

 

Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu, terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai. Kondisi ini terjadi selama satu tahun sekali, dengan adanya festival yang diadakan untuk menghormati cacing-cacing tersebut.

Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Hari-hari kemunculan cacing Nyale pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

img-1586332665.jpg



Hal ini merupakan salah satu daya tarik yang berada di kawasan Pantai Kuta. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan kegiatan dalam Festival Bau Nyale, yaitu menangkap cacing Nyale dan kemudian dijadikan sebagai hidangan makanan.

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Kuta Mandalika, anda harus membayar biaya masuk yaitu sekitar Rp 5 ribu perorangnya. Biaya tersebut belum termasuk biaya yang dikenakan ketika ingin menggunakan fasilitas yang banyak disediakan oleh pengelola objek wisata ini, misalnya parkir atau toilet.

 

Pantai Kuta Lombok Mandalika mempunyai berbagai atraksi yang ditawarkan sebagai penunjang wisata, seperti banana boat, windsurfer hingga olahraga ekstrem yaitu paralayang. Namun, jika tak berminat main basah-basahan atau olahraga ekstrem, anda juga bisa menikmati pantai ini sembari bersepeda.

Banyak tempat penyewaan sepeda yang tersedia di sini. Harganya juga cukup murah, sekitar Rp 30 ribu untuk satu jam. Bersepeda sembari melihat birunya air laut dan menikmati udara yang sejuk tentunya akan membuat liburanmu makin berkesan.

 

Kalau cuaca sedang cerah anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dengan perpaduan warna langit dan lautan yang begitu mempesona. Tidak heran juga kalau banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang  menyukai pantai ini karena keindahannya. 

Tidak heran kalau dulu saat ada kunjungan Presiden Jokowi ke Kuta Mandalika, promosi besar-besaran dilakukan untuk memajukan area Kuta sebagai salah satu destinasi wisata di Lombok. Hingga saat ini pun proyek masih berjalan untuk kemajuan pariwisata di area pantai Kuta. Keunikan yang bisa ditemui di Pantai Kuta Mandalika adalah sebagai berikut:


1. Pasir yang unik Lihat Foto Pasir Pantai Kuta Mandalika bulat-bulat seperti merica. Pantai Kuta Mandalika memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas. Pantai ini terlihat menawan berpadu dengan keindahan bukit-bukit yang mengelilinginya. Jika menginjakkan kaki di hamparan pasir Kuta Mandalika, cobalah memperhatikan pasir putih yang menghampar di tepi lautnya. Pasir putih di sini memiliki bentuk yang unik yakni bulat-bulat krem. Persis seperti butiran-butiran merica. Tak mengherankan kalau kemudian Pantai Kuta Mandalika memiliki sebutan lain yakni Pantai Merica.

 

2. Banyak Pedagang Kain Songket Songket Lombok dihasilkan beberapa daerah seperti di Desa Sade Lombok. Namun jika Desa Sade dirasa terlalu jauh, Anda juga bisa membelinya di Pantai Kuta. Apabila Anda ingin membeli kain songket Lombok sebagai oleh-oleh, salah satu alternatif mendapatkannya adalah di Pantai Kuta Mandalika. Di tempat ini Anda dengan mudah menemui penjual kain songket yang menjajakkan dagangannya di sekitar pasir pantai.


img-1586332764.jpg


 

3. Lokasi Strategis Lihat Foto Pantai Kuta Lombok merupakan pantai cantik yang lokasinya strategis. Pantai Kuta Mandalika berjarak tempuh sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Menariknya, lokasi Pantai Kuta Mandalika juga sangat berdekatan dengan pantai Tanjung Ann, Desa Wisata Sade maupun Desa Adat Ende.

 

4. Fasilitas Komplit Lihat Foto Masjid Nurul Bilad Pantai Kuta Mandalika termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang diresmikan presiden Jokowi pada 2017 lalu. Tak mengherankan kalau fasilitas di Pantai Kuta Mandalika sudah lumayan lengkap seperti kamar mandi, penginapan, maupun tempat ibadah.

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar