Tanjung Ringgit Pantai Terpencil di Ujung Timur Lombok

Tanjung Ringgit Pantai Terpencil di Ujung Timur Lombok

Tanjung Ringgit terletak di ujung bagian Tenggara Pulau Lombok. Area tersebut merupakan lokasi yang memiliki banyak bebatuan kars dan bukit karang. Lokasinya yang berada di tepi pantai menjadikan Tanjung Ringgit pantas dinobatkan sebagai salah satu tempat terindah yang ada di tanah Lombok. Sayang sekali belum banyak yang mengenal tempat ini sehingga menyebabkan lokasinya sepi wisatawan dan tampak begitu alami. Salah satu alasannya adalah karena tempatnya sangat terpencil dengan rute ke sana tidak begitu lancar dan beraspal. 

 

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri pemandangan Tanjung Ringgit ini sangat indah. Sangat cocok dijadikan sebagai lokasi berfoto pre wedding atau berselfie bersama teman-teman. Tempat wisata yang satu ini berada di Lombok Timur dan menawarkan keindahan alam yang memukau. Ketika sampai di sana, hal pertama yang Anda lihat adalah jurang dengan keindahan air laut yang menawan. Air lautnya sendiri berwarna biru menandakan kedalaman laut di bibir tanjung. Di beberapa area di dasar jurang juga terdapat pesisir pantai dengan pasir yang putih dan halus.

 

img-1664874334.jpg


Daya Tarik Tanjung Ringgit

1. Memiliki Mercusuar Aktif

Banyak orang yang ingin merasakan berada di pinggir laut dengan mercusuar sembari melihat pemandangan laut yang indah. Cobalah untuk pergi ke kawasan ini. Di sana terdapat sebuah mercusuar aktif yang siap menuntun kapal-kapal bahwa di sana terdapat daratan. Area tersebut juga termasuk Eco Region yang artinya kawasan sekitar merupakan milik kementerian kehutanan Negara. Dari kejauhan pun Anda bisa melihat pemandangan mercusuar yang begitu menawan.

 

2. Memiliki Pemandangan Tebing yang Menakjubkan

Di Bali ada yang disebut sebagai Ulu Watu, sebuah tebing yang memiliki keindahan yang luar biasa. Di area sekitar Tanjung Ringgit juga memilikinya. Banyak bebatuan cadas yang mirip seperti potongan kue kemudian di bawahnya terdapat air laut berwarna biru yang dalam. Ombak di sana juga terbilang sedang, namun bisa menghempaskan tebing dan menghasilkan suara ombak. Di area sekitar juga memiliki peradaban burung yang cukup banyak, tak jarang Anda akan mendengarkan burung berkicau seperti adegan-adegan pantai di film kebanyakan. 

 

3. Aktivitas di Tanjung Ringgit

Meski berkesan sepi fasilitas dan pengunjung, tetap saja banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Seperti misalnya melakukan pendakian terhadap tebing. Namun tentu saja Anda harus hati-hati dalam mendaki. Disarankan untuk pergi ketika cuaca sedang cerah karena pemandangan lautnya akan lebih terasa tanpa adanya awan. Tetapi karena terik matahari, Anda juga disarankan untuk membawa air minum untuk mencegah tubuh dehidrasi karena di sana cukup minim tempat untuk berteduh, kebanyakan hanya daratan datar dengan rumput. Selain itu, Anda juga bisa mendirikan tenda di area sekitar dan memulai kemah bersama teman-teman. Berburu foto merupakan aktivitas utama yang harus Anda lakukan karena daya tarik utama dari Tanjung Ringgit adalah pemandangan yang sangat indah.

 

Fasilitas Tanjung Ringgit

Selain mercusuar atau peninggalan meriam Jepang, tidak ada lagi fasilitas yang disediakan di sekitar Tanjung Ringgit. Benar-benar minim, yang ada hanya tebing, pesisir pantai, dan air laut biru kehijauan yang indah. Keindahan benar-benar merupakan satu-satunya fasilitas yang tidak bisa terkalahkan di area Tanjung Ringgit ini. Bagi Anda yang mencari penginapan sebaiknya mengurungkan niat untuk mencari di area Tanjung Ringgit, Anda perlu ke jalur utama atau perkotaan untuk menemukan penginapan. Sedangkan untuk area parkir serta warung makan cuma berada di pintu masuk Tanjung Ringgit saja. Karena itulah, kebanyakan wisatawan datang dengan bekal makanan dan minuman sendiri. 

 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Tanjung Ringgit

Untuk bisa masuk ke sini Anda tidak perlu membayartiket masuk alias gratis. Di dalamnya juga tidak memiliki fasilitas yang harus dilestarikan dengan uang. Sedangkan untuk jam bukanya sendiri cukup terbatas yaitu mulai dari pukul 06.00 pagi sampai 17.00 sore. Dengan catatan, ketentuan yang disebutkan bisa berubah tergantung dari pengelola wisata. Namun sebagai saran, sebaiknya Anda menyediakan bekal untuk menuju ke Tanjung Ringgit karena mungkin Anda akan terlalu lama di sana gara-gara pemandangannya yang menawan. 

 

Lokasi dan Rute Tanjung Ringgit

Lokasinya berada di Jl. Lingkok Siwaq, Kel. Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, NTB. Dari Mataram menuju lokasi ini memerlukan waktu yang cukup lama karena memiliki jarak sekitar 80 kilometer. Waktu yang ditempuh dari Mataram ke sini kira-kira memakan waktu 2.5 jam. Sayang sekali medan yang ditempuh bisa dikatakan cukup menantang, namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Melalui google map, Anda bisa melihat rute terbaik untuk menuju ke sana, baik menggunakan motor atau mobil. Arahkan saja langsung ke Sekaroh atau Jalan Lingkok Siwaq. Dari sana Anda bisa bertanya warga sekitar di mana lokasi gerbang masuk Tanjung Ringgit.

 

Pemandangannya adalah modal utama destinasi Tanjung Ringgit dalam meraup wisatawan. Meski terbilang minim fasilitas, tetapi di sisi lain, Anda bisa merasakan keindahan alam yang benar-benar alami tanpa campur tangan manusia berlebih. Tentu saja sebagai wisatawan, jangan sampai membuang sampah sembarangan di area ini.

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

recommended banget buat nginep selama liburan dilombok. selain itu ini adalah salah satu event organ...

- Virgi -

hotel recommended untuk jalan jalan ke lombok....

- Husain -